logo-loading
DIMULAI DARI SEKARANG! TIPS ANTI LEBAR-AN SAAT LEBARAN

DIMULAI DARI SEKARANG! TIPS ANTI LEBAR-AN SAAT LEBARAN

30 Apr 2021


Sebenarnya menu yang kamu makan saat lebaran tidak langsung akan membuat kamu bertambah berat badan kok, Sob. Namun semua itu pastinya dimulai dari apa yang kamu konsumsi selama puasa sedikit demi sedikit tidak terasa bertambah satu hingga dua digit.

 

Tapi tahukah kamu? Dibandingkan berat bertambah yang lebih berbahaya adalah lingkar tubuh kamu tidak terasa malah mulai melebar loh. Bahayanya apa sih?


Lingkar tubuh yang bertambah dikarenakan adanya penumpukan lemak yang berlebih, di mana resiko terbesar terdapat pada lingkar perut yang lebar. Hal ini disebut dengan obesitas sentral. Menurut kompas.com, Seseorang disebut memiliki obesitas sentral jika ukuran lingkar perutnya lebih dari 88,9 cm. Kondisi ini ternyata sangat berbahaya bagi wanita, terutama yang berusia di atas 49 tahun karena meningkatkan risiko kematian dini akibat berbagai penyakit.


Selain memerhatikan apa yang kamu konsumsi, ada faktor lain juga lohh yang bisa mencegah supaya lebaran anti lebar-an


1. Makan Sehat Bergizi Seimbang Saat Sahur Saat makan sahur pastikan kamu memilih makanan yang sehat ya, Sob. Makanan sehat bergizi seimbang itu seperti apa sih? Makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari Karbohidrat, protein, serat, serta sayur dan buah.



2. Olahraga Rutin Minimal 30 menit sehari Nahh.. cara satu ini pastinya akan selalu ada sebagai langkah tepat untuk membuat tubuh kita lebih sehat ya, Sob. Tubuh memerlukan olahraga demi mendukung kelancaran proses metabolisme. Kalau malas olahraga efeknya apa sih? Selain tubuh yang terlihat lesu dan lemas, imun tubuh juga akan menurun karena kurang berolahraga loh. Gak perlu lama-lama kok, kamu cuma perlu luangkan waktu 30 menit setiap harinya untuk berolahraga bahkan waktu ini lebih sedikit bila dibandingkan waktu kamu untuk scrolling sosmed atau nonton drakor loh..


                                                                                       

    3. Tidak Kalap Saat Berbuka Sahurnya sudah bergizi seimbang, olahraga juga sudah rutin tapi kok malah naik berat badan? Coba ingat-ingat lagi, Sob buka puasanya makan dan minum apa saja nih. Ingat ya berbuka bukan untuk balas dendam! Bila sahur untuk mengisi nutrisi agar siap beraktivitas selama puasa, kalau berbuka adalah waktunya mengembalikan serta memenuhi nutrisi yang hilang selama berpuasa. Jadi sebaiknya mengawali waktu berbuka dengan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, gula dan elektrolit alami seperti air kelapa. 


                                                                                            


      4. Atur Jam Makan Malam dan Pola Tidur Satu lagi poin terpenting nih, Sob yaitu mengatur jam makan malam dan pola tidur kamu baik saat ramadan atau setelah ramadan. Dimulai dari pola tidur yang baik, kamu bisa mengawali hari dengan lebih bugar dan bersemangat. Waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah 6-8 jam jadi bila kamu masuk kerja jam 9 setidaknya kamu harus bangun minimal jam 7 pagi maka sebaiknya kamu tidur maksimal di jam 10-11 malam. Sedangkan untuk pola makan malam paling lambat ialah 2 jam sebelum tidur atau di jam 8-9 malam. Coba terapkan yuk, Sob! 5. Kue Lebaran Bukan Untuk Mengenyangkan Nahh… saat lebaran tiba pasti banyak makanan ini dan itu yang tersedia, semua akan terasa enak semakin lama dipandang. Betuk gak nih, Sob? Tapi tahukah kamu bila dibalik kue lebaran tersembunyi kalori yang besar loh bahkan bisa sama dengan satu piring makan. Jadi kalau kamu terasa lapar lebih baik langsung makan saja ya, Sob jangan ngemilin kue lebaran terus yang ada malah makin tambah berat nih. 


      Stok Hydro Coco untuk lebaran yuk, langsung aja kunjungi KALCare Official Shop di Shopee dan dapatkan berbagai promo menariknya di sini.

      Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?

      Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?

      Read More
      Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi

      Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi

      Read More
      Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut

      Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut

      Read More
      logo-loading