logo-loading
WAJIB TAU!  5 TANDA KAMU KURANG OLAHRAGA & CARA MENGATASINYA

WAJIB TAU! 5 TANDA KAMU KURANG OLAHRAGA & CARA MENGATASINYA

23 Dec 2020

Olahraga yang teratur akan memberikan dampak positif bagi tubuh. Tidak hanya membentuk badan yang ideal namun juga memberikan efek bagi kesehatan tubuh. Pegal-pegal dan kaku pada otot menjadi salah satu tanda bila tubuh kamu kurang olahraga loh, Sob. Hal tersebut disebabkan karena denyut jantung yang melemah hingga distribusi oksigen yang berfungsi menjaga kelenturan otot terganggu. Eitt.. itu sih hanya sebagian kecil aja nih. Nah, cari tahu yuk apa aja sih tanda lainnya.


Mengutip dari laman website CNN Indonesia, berikut 7 tanda kamu kurang olahraga di antaranya:


  1.  Susah Tidur

Sulit tidur merupakan salah satu gejala bila kamu kurang berolahraga loh, Sob. Melansir dari Simple Most, orang yang berolahraga lebih cepat tidur dan ternyenyak daripada orang yang tidak berolahraga. Orang yang berolahraga dapat tidur 1,25 jam lebih lama daripada mereka yang tidak berolahraga.



 2. Gampang Sakit

Tubuh yang sakit menjadi sinyal untuk kamu agar lebih rajin berolahraga. Olahraga diperlukan untuk menstimulasi jaringan otot sehingga dapat meningkatkan pertahanan tubuh. 

3. Sering Merasa Lelah

Sering merasa lelah meskipun sudah merasa cukup tidur? Menjadi pertanda kalau kamu kurang olahraga tuh, Sob. Penelitian dari University of Georgia merekomendasikan untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 20 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk meningkatkan energi hingga 20%.



4. Moody

Naik-turun mood bisa menjadi pertanda kamu kurang olahraga loh, karena ternyata olahraga mampu memainkan peranan besar dalam mengatur mood serta mampu melawan depresi tingkat awal.


5. Pencernaan Terganggu

Sulit buang air besar teratur dan sembelit menjadi salah satu tanda terganggunya pencernaan. Olahraga dapat membantu menstimulasi usus dan memompa sistem pencernaan dalam tubuh.



Bagaimana caranya agar termotivasi untuk rajin berolahraga?

  1. Pilih Olahraga yang kamu sukai

Penting untuk memilih olahraga yang kamu suka dan merasa nyaman, karena olahraga merupakan kegiatan jangka panjang sehingga kenyamanan menjadi hal terpenting untuk memulainya. Bagi kamu yang pemula pilih terlebih dahulu olahraga yang mudah untuk diikuti ya untuk menghindari cedera.

  1. Jadikan Rutinitas

Bangunlah kebiasaan rutin berolahraga dimulai dengan berjalan pada pagi dan sore hari selama 30-45 menit lalu tingkatkan intensitasnya dengan memilih olahraga lain yang kamu sukai.

  1. Cari Tempat yang Nyaman

Setelah memilih olahraga apa yang kamu sukai dan jadikan rutinitas, memilih tempat yang nyaman untuk berolahraga akan membangkitkan semangat dan motivasi agar lebih rajin berolahraga.

  1. Cari Video Panduan Olahraga 

Di rumah aja kamu bisa ikut berolahraga dengan melihat video panduan olahraga dari YouTube atau media lainnya. Pilih olahraga dan instruktur yang kamu sukai akan membuat kamu jadi lebih nyaman untuk mengikutinya, olahraga jadi lebih semangat deh.

  1. Ingat Alasan Kamu Harus Berolahraga

Ketika olahraga akan ada saatnya kamu merasa malas, nah salah satu cara agar kamu kembali semangat adalah dengan mengingat  ‘kenapa’ kamu harus berolahraga


Penting! Menjaga cairan tubuh tetap stabil setelah berolahraga agar tidak dehidrasi karena pada saat tubuh mengalami dehidrasi, imun tubuh pun akan menurun. Air kelapa memiliki komposisi yang serupa dengan cairan tubuh manusia sehingga lebih cepat mengembalikan cairan tubuh. Hydro Coco dibuat dari air kelapa asli yang bantu rehidrasi tubuh setelah berolahraga.


Beli Hydro Coco kini lebih mudah dan lebih hemat dengan gratis ongkos pengiriman di official store Kalbe Healthy Beverages. Dapatkan promonya di sini




Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?

Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?

Read More
Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi

Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi

Read More
Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut

Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut

Read More
logo-loading