Hydro Coco Artikel AWAS BAHAYA MICROSLEEP!
AWAS BAHAYA MICROSLEEP!

Microsleep adalah kondisi hilangnya kesadaran atau tertidur tiba-tiba dalam waktu yang singkat sekitar satu detik hingga 2 menit. Kondisi ini biasanya terjadi akibat melakukan kegiatan yang monoton seperti bermain ponsel, berkendara, atau duduk di dalam kendaraan umum.

31 Jan 2024

Istilah microsleep seringkali dikaitkan dengan penyebab kecelakaan. Tapi ternyata microsleep bisa terjadi di mana saja dan kapan saja loh, termasuk ketika lagi meeting. Apa sih microsleep itu?

Microsleep adalah kondisi hilangnya kesadaran atau tertidur tiba-tiba dalam waktu yang singkat sekitar satu detik hingga 2 menit. Kondisi ini biasanya terjadi akibat melakukan kegiatan yang monoton seperti bermain ponsel, berkendara, atau duduk di dalam kendaraan umum.  Saat mengalami microsleep, seluruh bagian otak dapat kehilangan kesadaran sehingga saat terbangun seringkali kita tidak mengingatnya apapun.

Apa sih penyebab microsleep?


Melansir klikdokter.com, microsleep disebabkan akibat kelelahan ekstrem dan kurang tidur. Ketika kamu kurang tidur, beberapa bagian otak bisa mati selami beberapa detik karena otak dipaksa tidur agar segar kembali.

Dan tahukah kamu microsleep ini ternyata seperti berhutang loh. Jadi misal kamu biasanya cukup tidur 8 jam sehari namun satu malam saja kamu tidak bisa mencukupi waktu tidur maka kamu bisa mengalami microsleep keesokan harinya.  

Dikutip klikdoter.com, melansir Dr. Ilene Rosen, presiden American Academy of Sleep Medicine mengatakan jika manusia memiliki sakelar tidur di otak. Jika seseorang memiliki kualitas tidur yang cukup setiap malamnya makan sakelar tidur tersebut akan berada pada posisi nonaktif saat sedang menjalani aktivitas sehingga Ia berada dalam posisi terjaga. Kemudian ketika malam datang maka sakelar tidur akan menyala. Dapat disimpulkan jika seseorang memiliki kualitas tidur yang selalu kurang, maka sakelar tersebut tidak akan pernah stabil sehingga microsleep akan terus terjadi secara terus menerus. Hal ini pastinya sangat berbahaya bagi kesehatan.


Bahaya Microsleep

Microsleep sangat berbahaya terutama jika terjadi saat berkendara. Microsleep menjadi penyebab kecelakaan paling banyak dan parahnya lebih sering mereka tidak mengingat apapun kejadian saat mengalami microsleep.


Bagaimana cara mengatasi microsleep?

  • Mengatur pola tidur

  • Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, bahkan saat hari libur

  • Buat suasana yang kondusif untuk tidur, seperti matikan lampu atau menyalakan aromaterapi

  • Melakukan meditasi sebelum tidur agar otak dan badan lebih rileks

  • Hindari olahraga terlalu dekat waktu tidur

  • Sempatkan tidur siang 20-30 menit

  • Bawa bekal segar & sehat saat perjalanan




Source:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/yuk-kenali-bahaya-microsleep 

Hydro Coco Artikel Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Read More
Hydro Coco Artikel Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Read More
Hydro Coco Artikel Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Read More