Hydro Coco Artikel Jangan Balas Dendam Makan Pasca Puasa!
Jangan Balas Dendam Makan Pasca Puasa!

Setelah satu bulan penuh melaksanakan ibadah puasa, umumnya masyarakat Indonesia akan merayakan momen lebaran dengan berkumpul bersama keluarga. Setelah lebaran sebaiknya atur pola makan karena lambung masih dalam penyesuaian setelah 30 hari berpuasa. Jangan jadikan lebaran sebagai ajang balas dendam ya, tapi jadikan sebagai masa adaptasi yaitu momen transisi dari sebulan penuh puasa hingga kembali normal seperti biasa.

05 Apr 2024

Jangan Balas Dendam Makan Pasca Puasa! 



Setelah satu bulan penuh melaksanakan ibadah puasa, umumnya masyarakat Indonesia akan merayakan momen lebaran dengan berkumpul bersama keluarga. Momen silaturahmi ke rumah sanak saudara dengan menikmati makanan khas lebaran seperti ketupat, rendang, kue kering dan lain-lain.  


Setelah lebaran sebaiknya atur pola makan karena lambung masih dalam penyesuaian setelah 30 hari berpuasa. Jangan jadikan lebaran sebagai ajang balas dendam ya, tapi jadikan sebagai masa adaptasi yaitu momen transisi dari sebulan penuh puasa hingga kembali normal seperti biasa.  



Dikutip NU.or.id Dilansir Ahli Gizi Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Fahmy Arif Tsani mengatakan saat puasa banyak terjadi perubahan pola makan baik dari sisi frekuensi, jumlah, dan jenis makanan. Frekuensi makan yang baik dan sehat yakni 3 kali sehari, tidak lebih. 


“Tidak setiap kali melakukan kunjungan kemudian menyantap hidangan lebaran semisal sampai 7 kali dalam sehari,” ujarnya. 


Perhatikan juga porsi makannya, jangan kalap langsung makan banyak. Dari sisi jumlah porsi makan harus berimbang terdiri dari kandungan karbohidrat dan lemak. Misalnya, dalam satu piring makanan pokok cukup sepertiga, sepertiga sisanya sumber serat dan vitamin yaitu sayur. Sepertiga sisanya dibagi dua yaitu lauk pauk hewani-nabati, dan juga buah-buahan.


Fahmy menuturkan, saat lebaran tak jarang banyak disajikan makanan berminyak dan santan maka upayakan membagi porsi yang baik.  


“Opor cukup jadi obat rindu lebaran saja, jangan jadikan asupan harian. Kemudian untuk lauk pauk usahakan hindari gorengan,” ucapnya. 



Jangan lupa minuman juga harus dijaga, jangan terlalu banyak soda lebih baik sedia minuman sehat air kelapa, Hydro Coco praktis, kaya nutrisi air kelapa. Yuk stock buat lebaran nanti.. 


Source: https://www.nu.or.id/nasional/hindari-balas-dendam-pasca-puasa-ini-tips-cegah-makan-berlebih-saat-lebaran-ClPGh 

Hydro Coco Artikel Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Read More
Hydro Coco Artikel Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Read More
Hydro Coco Artikel Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Read More