Hydro Coco Artikel MENGENAL VITAMIN D. YANG GAK CUMA DIBUTUHKAN WAKTU PANDEMI
MENGENAL VITAMIN D. YANG GAK CUMA DIBUTUHKAN WAKTU PANDEMI

Vitamin D memiliki banyak manfaat untuk tubuh maka dari itu perlu dipenuhi setiap harinya. Di era new normal saat ini, kebutuhan Vitamin D bermanfaat untuk mendukung aktivitas serta produktivitas sehari-hari dan faktanya orang yang kekurangan Vitamin D lebih mudah sakit karena daya tahan tubuh yang lemah. Lalu bagaimana manfaat Vitamin D dan berapakah kebutuhan Vitamin D harian kita?

29 Sep 2022

Vitamin D memiliki banyak manfaat untuk tubuh maka dari itu perlu dipenuhi setiap harinya. Di era new normal saat ini, kebutuhan Vitamin D bermanfaat untuk mendukung aktivitas serta produktivitas sehari-hari dan faktanya orang yang kekurangan Vitamin D lebih mudah sakit karena daya tahan tubuh yang lemah. Lalu bagaimana manfaat Vitamin D dan berapakah kebutuhan Vitamin D harian kita?


Apa sih Vitamin D itu?


Melansir pernyataan dr.  Deskhilandi Nugroho dalam wawancaranya bersama Alodokter, salah satu fungsi vitamin yang ada dalam tubuh kita adalah vitamin D. Vitamin D ini bukan hanya vitamin biasa melainkan adalah pro-hormon yang bisa didapatkan dari nutrisi makanan yang kita makan atau suplemen. Vitamin D bisa didapatkan juga dari  paparan sinar matahari yang dimana paparan tersebut akan diserap oleh kulit kita lalu diolah menjadi Vitamin D dalam tubuh. Terus apa saja sih fungsi Vitamin D itu sendiri untuk kesehatan dan tubuh kita?




Fungsi dan Manfaat Vitamin D

1. Menjaga daya tahan tubuh

2. Menjaga kekuatan tulang

3. Mengurangi resiko diabetes tipe 2

4. Mendukung tumbuh kembang janin sehingga mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan rendah

5. Mencegah terjadinya preeklamsia, vaginosis bacterial, diabetes gestasional pada ibu hamil

6. Mencegah perkembangan dari sel kanker


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bila salah satu fungsi Vitamin D ialah menjaga daya tahan tubuh, maka dari itu penting untuk mencukupi kebutuhan Vitamin D bukan hanya pada saat pandemi sedang naik saja  namun juga setiap harinya. Ketika kebutuhan Vitamin D kamu tidak tercukupi maka daya tahan tubuh juga akan menurun sehingga lebih mudah terserang berbagai virus dan penyakit. Jadi pastikan tetap penuhi Vitamin D harian kamu ya.


Lalu berapakah kebutuhan Vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh kita?


Dalam sumber yang sama,  dr.  Deskhilandi Nugroho mengutarakan bila kebutuhan Vitamin D seseorang sebenarnya berbeda-beda terlebih bila kamu sedang sakit aBeli di Kalbe Nutritionals Official Shoptau terkena defisiensi Vitamin D. Namun pada umumnya kebutuhan Vitamin D pada orang dewasa, ibu hamil, dan anak usia mulai dari 1 tahun ialah 600IU per-hari. 


Apa perbedaan Vitamin D2  dan Vitamin D3?

Vitamin D2 bisa kamu dapatkan dari makanan seperti kuning telur, susu, keju, ataupun daging sapi, dll sedangkan Vitamin D3 bisa kamu dapatkan dari paparan sinar matahari. Namun menurut penelitian, Vitamin D3 di dalam darah kita jauh lebih stabil dan diserap lebih bagus oleh tubuh dibandingkan vitamin D2. Selain itu, Vitamin D3 pun lebih mudah didapatkan dan lebih bertahan lama di dalam tubuh kita. 


Vitamin D3 akan lebih efektif untuk memberikan cadangan Vitamin D dalam tubuh. Vitamin D3 bisa kamu dapatkan dengan cara berjemur pada pagi hari khususnya  minimal 3 kali seminggu selama 10-15 menit. 


Namun sayangnya tidak semua dari kita bisa mendapatkan waktu untuk berjemur terlebih untuk kamu yang memiliki aktivitas yang padat atau pun pekerja yang harus berangkat mulai dari dini hari dan pulang kerja pada sore hari sehingga sangat dipastikan tidak memiliki waktu untuk berjemur pada pagi hari. Terlebih bila kamu bekerja di dalam ruangan yang sangat minim terkena paparan sinar matahari sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan Vitamin D3 harian.




Padahal salah satu manfaat Vitamin D3 adalah untuk mengurangi stres dan mencegah depresi. Dikutip dari laman klikdokter, melansir dari Healthline, sudah ada beberapa penelitian yang menghubungkan defisiensi vitamin D dan depresi. Hasil penelitian tersebut menemukan partisipan yang mengalami stres dan depresi mengalami kekurangan Vitamin D. Sehingga dapat disimpulkan bila kebutuhan Vitamin D yang tercukupi mampu membantu kamu untuk menghilangkan stres dan mencegah depresi.


Nah.. sekarang Vitamin D3 dapat lebih mudah kamu dapatkan dengan Hydro Coco VITA-D. Hydro Coco VITA-D adalah minuman Vitamin D3 pertama di Indonesia dengan kandungan Vitamin D3 600IU yang tentunya bisa penuhi kebutuhan Vitamin D harian kamu. 


Hydro Coco VITA-D bisa kamu dapatkan di Indomaret, Alfamart, atau pun minimarket dan supermarket terdekat di tempat kamu. Bisa juga dibeli secara online di KlikDokter Official Shop dan Kalbe Nutritionals Official Shop di e-Commerce kesayangan kamu. Nahh… gak perlu ribet atau pun takut ketinggalan lagi pastinya. Bahkan bisa kamu konsumsi sambil beraktivitas juga untuk menjaga daya tahan tubuh kamu.



Hydro Coco Artikel Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Read More
Hydro Coco Artikel Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Read More
Hydro Coco Artikel Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Read More