Hydro Coco Artikel SERING DIABAIKAN. TANDA TUBUH KEKURANGAN SERAT
SERING DIABAIKAN. TANDA TUBUH KEKURANGAN SERAT

Faktanya, melansir mediaindonesia.com, 95% orang Indonesia ternyata kekurangan serat setiap harinya. Apa saja manfaat serat bagi tubuh dan bagaimana tandanya bila tubuh kamu kekurangan serat?

20 Oct 2022

Serat menjadi salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun faktanya, melansir mediaindonesia.com, 95% orang Indonesia ternyata kekurangan serat setiap harinya. Padahal serat sangat berperan penting dalam menjaga imun tubuh kamu tetap tejaga loh, Sob. Lalu apa saja sih manfaat serat bagi tubuh dan bagaimana tandanya bila tubuh kamu kekurangan serat?


Mengapa kita perlu mencukupi kebutuhan serat harian?


Melansir klikdokter.com, menurut The American Dietetic Association mengatakan bahwa kebutuhan serat harian adalah 20-35 gram namun rata-rata dari kita asupan serat yang masuk dalam tubuh kita hanya 16 gram.  


Melansir detik.com, serat diklarifikasikan dalam dua kategori:


  1. Serat yang tidak larut dalam air

Jenis serat ini menunjang gerakan makanan melalui sistem pencernaan dan meningkatkan curah feses, sehingga dapat bermanfaat buat kamu yang sering mengalami sembelit atau buang air besar yang tidak teratur nih, Sob. 


  1. Serat yang larut dalam air

Serat satu ini dapat membentuk materi seperti gel yang dapat membantu menurunkan kolesterol darah dan kadar glukosa. Serat larut air dapat ditemukan dalam gandum, kacang polong, apel, buah jeruk, dan wortel.



Manfaat Serat Bagi Tubuh

1. Mencegah Konstipasi

Serat dapat memperlancar proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar sehingga buang air besar akan lebih lancar dan teratur.



2. Memaksimalkan penyerapan nutrisi dan makanan

Saat serat tubuh terpenuhi, maka penyerapan nutrisi dalam tubuh juga akan maksimal seperti kalsium yaitu mineral yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.


3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Serat dapat memelihara mikroba baik di dalam usus. Mikroba ini akan memecah serat menjadi asam yang dapat merangsang aktivitas sel-sel imun. Dengan begitu, daya tahan tubuh akan lebih kuat melawan beragam penyakit. 


4. Menjaga Berat Badan Ideal

Serat akan membuat kamu merasa cepat kenyang dan rasa kenyang tersebut akan bertahan lebih lama sehingga dapat mencegah kamu makan secara berlebihan. Hal tersebut pastinya akan membantu untuk menjaga berat badan tetap ideal dan mencegah obesitas serta diabetes. Kamu yang lagi diet, banyak konsumsi makanan yang tinggi serat ya, Sob.


5. Menjaga Kadar Gula darah normal

Serat bisa memperlambat proses pencernaan makanan sehingga kadar gula darah tidak melonjak dengan cepat, terutama setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.



Daftar Makanan Tinggi Serat


- Jagung

- Brokoli

 - Tomat

- Alpukat

- Beras Merah

- Pisang

- Oats

- Kacang-kacangan

- Kubis Brussel

- Pir

- Apel

- Strawberry

- Raspberry

- Air Kelapa




Mengandung tinggi serat, Air kelapa bukan hanya akan menghidrasi tubuh kamu namun juga dapat memenuhi kebutuhan serat kamu. Hydro Coco memiliki kandungan serat yang tinggi dan kadar gula yang rendah sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk kamu yang sedang diet dan ingin menjaga berat badan tetap ideal.




Hydro Coco Artikel Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Read More
Hydro Coco Artikel Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Read More
Hydro Coco Artikel Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Read More