Hydro Coco Artikel WASPADA! DAMPAK POLUSI UDARA BAGI KESEHATAN
WASPADA! DAMPAK POLUSI UDARA BAGI KESEHATAN

Polusi udara di Indonesia khususnya di Jakarta saat ini masuk dalam kategori zona merah “Tidak Sehat” dan termasuk yang tertinggi ke-dua se-Asia Tenggara.

25 Aug 2023

Polusi udara di Indonesia khususnya di Jakarta saat ini masuk dalam kategori zona merah “Tidak Sehat” dan termasuk yang tertinggi ke-dua se-Asia Tenggara. Melansir katadata.co.id, pada bulan Juli 2023 kualitas udara Jakarta rata-rata berada di titik 164 Poin. Tak heran masih banyak warga yang memilih menggunakan masker saat beraktivitas sehari-hari.

Melansir halodoc.com, Polusi udara adalah kontaminasi yang terjadi akibat banyaknya polutan udara. Polutan berbentuk partikel kecil yang dapat muncul secara alami dan buatan. Polutan alami biasanya terdiri dari debu, serbuk sari, permukaan tanah hingga munculnya nitrogen atau gas berbahaya lainnya. Sementara polutan buatan terjadi akibat aktivitas kendaraan bermotor, pembakaran sisa industri, bahan kimia rumah tangga, bahan bangunan hingga asap tembakau.

Terus apa saja sih bahayanya polusi udara dan apa efek jangka panjangnya bagi kesehatan?


1. Infeksi Saluran Pernapasan

 Bahan beracun dan polutan seperti karbon monoksida, nitrigen dioksida, dan sulfur diokseda yang terkandung dalam polusi udara dapat memperburuk organ pernapasan kita dan menjadi penyebab infeksi saluran napas. Efeknya adalah seseorang tidak dapat bernapas dengan baik. Penyakit ISPA biasanya menyerang bagian hidung, tenggorokan dan paru-paru dan penyakit ini dapat dengan menular jika imun tubuh kita sedang rendah.


2. Asma 

Penyakit asma dapat menyerang secara tiba-tiba akibat polusi udara. Hal tersebut terjadi karena adanya peradangan pada paru-paru yang diakibatkan oleh udara tercemar yang dihirup seseorang. Gejala yang muncul biasanya seperti sesak napas, suara berderak saat menghembuskan nafas, dan batuk kering.


3. Pneumonia
Penyakit pneumonia dapat muncul karena kualitas udara yang buruk. Udara yang kotor dapat memicu infeksi dan inflamasi pada salah satu kantong udara atau bahkan keduanya. Biasanya pengidap penyakit ini mengalami pembekakan pada paru-paru karena berisi cairan. Gejala yang muncul berupa batuk, demam, dan kesulitan bernapas.


Cara Mengurangi Paparan Bahaya Polusi Udara


1. Tetap gunakan masker saat beraktivitas di luar ruang

Masker saat ini rasanya perlu untuk digunakan untuk menghindari udara kotor terhirup lebih banyak yang akhirnya dapat menjadi masalah pada sistem pernapasan kita.



2.Gunakan transportasi umum

Selain membantu untuk terpapar lebih banyak polusi udara, penggunaan angkutan umum juga dapat menjadi langkah untuk lebih mengurangi tingkat polusi terutama polusi yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.

3. Pola hidup bersih & sehat

Bukan hanya pada saat pandemi saja, kebiasaan hidup sehat dan bersih harus selalu diterapkan di kehidupan sehari-hari. Makan-makanan sehat bergizi seimbang, rajin cuci tangan dengan sabun, dan rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal.


4.Pastikan untuk Jaga Imun tubuh

Tetap menghidrasi tubuh dengan baik menjadi cara untuk menjaga imun tubuh tetap kuat. Air kelapa dapat menjadi andalan kamu untuk menghidrasi tubuh dengan kandungan kaya nutrisi dan elektrolit alami. Selain rasanya yang menyegarkan, air kelapa juga juga dapat membantu untuk #JAgaIMun tubuh biar gak gampang drop. Seperti yang telah disebut di atas, bila imun tubuh yang menurun dapat menjadi awal tertular ISPA akibat polusi udara.


Dibuat dari sepenuhnya air kelapa asli, Hydro Coco kaya akan nutrisi yang dapat membantu #JAgaIMun tubuh biar gak gampang drop dan sakit. Dibuat tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan, Hydro Coco aman diminum setiap hari.


Hydro Coco Artikel Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Read More
Hydro Coco Artikel Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Read More
Hydro Coco Artikel Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Read More