Hydro Coco Artikel SEPENTING APA SIH JAIM BUAT DIRI KITA?
SEPENTING APA SIH JAIM BUAT DIRI KITA?

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari, JAIM menjadi bagian yang tidak boleh dipisahkan. Banyaknya kegiatan yang padat seringkali membuat diri kita merasa kelelahan dan berujung pada drop.

25 May 2023

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari, JAIM menjadi bagian yang tidak boleh dipisahkan. Banyaknya kegiatan yang padat seringkali membuat diri kita merasa kelelahan dan berujung pada drop. Di sini lah JAIM menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. Eitt.. maksud JAIM di sini adalah JAga IMun ya.


Meski keadaan sudah back to normal, namun tanpa kita sadari sebenarnya ada banyak penyakit lainnya yang sedang bersiap untuk menempel di tubuh kita. Saat musim kemarau, penyakit seperti demam berdarah atau influenza lebih mudah menyerang terlebih bila imun tubuh sedang menurun begitupun juga saat musim hujan.


Melansir dari berbagi sumber, berikut beberapa cara untuk meningkatkan imun tubuh untuk kamu Si Super Sibuk:

  1. Tidur yang cukup

Kebutuhan tidur orang dewasa adalah 6-8 jam sehari. Tidur yang cukup akan membantu proses kerja tubuh dalam memperbaiki sel-sel yang rusak hingga mengurangi tingkat stres dengan lebih maksimal.



2. Olahraga secara teratur

Berangkat pagi-pagi pulang sudah malam hari jadi rutinitas yang harus dihadapi setiap hari, akhirnya waktu olahraga jadi dilewati begitu saja. Tapi tenang, ternyata olahraga di weekend aja juga boleh banget kok. Melansir kompas.com, kamu bisa berolahraga saat weekend dengan durasi setidaknya 150 menit dengan intensitas olahraga sedang.


3. Konsumsi makanan bergizi seimbang

4 sehat 5 sempurna, kedengarannya klise, bukan? Eits… Tapi, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi seimbang, bisa bantu membentuk kekebalan tubuh kamu lho. Mulai dari serat, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral lainnya. Beragam nutrisi tersebut tidak hanya membantu jaga imun tubuh, tetapi juga baik bagi kesehatan tubuh di masa mendatang.


4. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Masih suka lupa minum karena saking sibuknya? Yuk, mulai sekarang tetap rutin minum agar tubuh terhidrasi. Karena dengan terhidrasi, dapat membentuk metabolisme tubuh. Tak hanya itu, tubuh yang terhidrasi dapat membantu mempercepat pemulihan saat sedang sakit, contohnya saat demam tinggi.


Untuk membantu tubuh tetap terhidrasi, kamu bisa mengkonsumsi air kelapa asli setiap hari. Karena air kelapa memiliki kandungan yang sama seperti cairan dalam tubuh, sehingga dapat diserap dengan mudah oleh tubuh manusia. Selain itu, air kelapa juga kaya akan kandungan nutrisi di dalamnya, salah satunya yaitu vitamin B6. Vitamin B6 berperan dalam meningkatkan kekebalan sistem imun tubuh.




5. Mengendalikan stres

Buat kamu Si Sibuk, pernah mengalami stres? Sebetulnya stres merupakan bentuk reaksi tubuh ketika dalam situasi bahaya atau penuh tekanan. Tetapi, sebaiknya jangan biarkan stres melanda tubuh kita. Karena stres dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang , sehingga rentan mengalami gangguan kesehatan fisik. Untuk itu, kendalikan stres dengan berbagai kegiatan yang dapat menghalau rasa stres kamu.


Hydro Coco Artikel Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Read More
Hydro Coco Artikel Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Read More
Hydro Coco Artikel Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Read More